Geografi

7 ALASAN GEOGRAFI MENARIK DIPELAJARI

90 / 100

Alasan Geografi menarik dipelajari apa saja? Bagi yang pernah sekolah SMP dan SMA, tentu pernah mendapatkan mata pelajaran tentang Geografi. Tetapi pengetahuan pada masa sekolah tersebut masih sangat global dan terbatas. Jika ada yang pernah mengambil Fakultas Geografi di beberapa Universitas, ilmu ini ternyata cukup luas. Tidak hanya sebatas mempelajari sosial atau kependudukan saja, tetapi banyak hal. 

Geografi berasal dari dua kata Yunani, yaitu Geo yang berarti bumi, dan Graphein yang berarti tulisan. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dimana kita berpijak, bukan hanya tentang penduduknya, tetapi juga fisik bumi, pengembangan wilayah desa/kota, bahkan juga dapat mengintepretasi kondisi bumi dari jarak jauh menggunakan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) dan Penginderaan Jauh melalui Citra Satelit maupun Foto Udara. Geografi juga disebut sebagai ibu dari semua ilmu, banyak hal yang dapat dipelajari, walaupun sebatas apa yang tampak dari permukaan bumi. Ada beberapa hal di bawah ini sebagai alasan Geografi menarik dipelajari.

Peta Dunia

ALASAN GEOGRAFI MENARIK DIPELAJARI :

1. GEOGRAFI ADALAH LOKASI

Geografi menunjukkan lokasi sebuah tempat, yang dapat dinyatakan dalam koordinat bumi yaitu lintang (Longitude) dan bujur (Latitude). Rumah kita pun punya koordinat bumi. Dengan koordinat, suatu tempat akan lebih mudah untuk dilihat di peta dimana letak atau posisinya. Saat ini tentu Anda banyak menggunakan Google Map atau aplikasi lain yang sejenis untuk mencari lokasi sebuah tempat, bahkan bagi para pengguna aplikasi Grab / Gojek / Ojek online lainnya, tidak asing dengan peta yang ada di aplikasi tersebut, untuk menunjukkan lokasi dari tempat Anda dijemput ke tempat tujuan, bahkan jarak antar tempat yang Anda tuju dapat diukur berapa kilometer.

Tanpa koordinat, maka suatu tempat tidak akan ditemukan posisi realnya di permukaan bumi, sehingga lokasi adalah unsur penting dalam ilmu ini dan sebagai alasan Geografi menarik dipelajari.

2. GEOGRAFI ADALAH MANUSIA

Geografi mempelajari tentang manusia yang ada di atas permukaan bumi, bagaimana populasinya, sosial budaya, kondisi ekonomi, persebarannya, politik yang berkembang, dan hal lainnya terkait dengan seluk beluk kehidupan manusia. Sebagai contoh seberapa besar populasi penduduk di Pulau Jawa dibandingkan Pulau lainnya di Indonesia, dan bagaimana sosial budaya masing-masing pulau tersebut, Geografi adalah ilmu yang tepat untuk mempelajarinya. Anda dapat membuka website Badan Pusat Statistik (BPS) untuk tahu lebih banyak tentang kependudukan Indonesia.

3. GEOGRAFI ADALAH FISIK BUMI

Contoh Gunung Meletus (Vulcano)

Geografi tak lepas dari kondisi fisik dari permukaan bumi, sebagai salah satu alasan Geografi menarik dipelajari. Akhir-akhir ini banyak kejadian gunung meletus maupun gempa bumi di beberapa wilayah Indonesia. Itulah kejadian alam dari kondisi fisik bumi karena aktivitas vulkanik maupun unsur pergerakan lempeng bumi, yang juga dapat dipelajari keilmuannya melalui pengetahuan Geografi secara fisik. Bagaimana geomorfologi daerah yang rentan bencana tersebut, apa kaitan dengan batuan penyusunnya, Geografi dapat menelitinya. Bahkan kondisi perubahan cuaca karena pemanasan global atau unsur lain dapat dianalisa. Menarik bukan?

4. GEOGRAFI ADALAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Bicara peta, maka tak lepas dari teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) atau dikenal secara umum dengan GIS (Geographic Information System). SIG adalah sistem informasi untuk pemetaan digital menggunakan software dan teknologi tertentu. Google Map yang Anda gunakan untuk mencari lokasi suatu tempat, dibangun secara digital dari berbagai proses penggabungan peta, baik Peta Jalan, Peta Sungai, Peta POI (Point of Interest) sebaran titik, Peta Administrasi, dan masih banyak layer peta yang lainnya, sehingga Anda terbantu menemukan lokasi yang masih asing. Itulah alasan Geografi menarik dipelajari.

5. GEOGRAFI ADALAH PENGINDERAAN JAUH (REMOTE SENSING)

Contoh Citra Satelit

Peta suatu daerah dapat dibuat, salah satu diantaranya karena adanya Citra Satelit (Satellite Imagery) yang dapat diintepretasi menggunakan teknologi Penginderaan Jauh (Remote Sensing), melalui software-software tertentu. Citra Satelit dapat Anda lihat contohnya dengan jelas melalui Google Map, Anda dapat switch ke mode Satellite. Lebih jauh tentang Citra Satelit, Anda dapat membaca web LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

6. GEOGRAFI ADALAH PERENCANAAN PENGEMBANGAN WILAYAH

Alasan Geografi menarik dipelajari karena Geografi juga mempelajari tentang perencanaan atas suatu wilayah akan dikembangkan seperti apa, bagaimana tata kota/desa dan tata kelolanya serta tata lingkungan. Hal ini mirip dengan Planologi, sehingga suatu wilayah tidak berantakan, tetapi ditata dengan penuh perencanaan berdasarkan unsur-unsur geografisnya.

7. GEOGRAFI ADALAH STORY TELLING

Geografi dapat mendeskripsikan tentang cerita dari sebuah kejadian, sejarah, edukasi, inspirasi, dan lainnya, yang mengajak pembaca untuk menghubungkannya dengan foto/gambar, video, peta, atau media lain sehingga pembaca terinspirasi dan teredukasi. Sebagai contoh, Anda dapat mengunjungi web National Geographic Indonesia terkait hal ini.

i

Nah, itulah ulasan beberapa alasan Geografi menarik dipelajari. Bagi Anda yang mau masuk Perguruan Tinggi, jangan ragu untuk memilih jurusan ini, jika Anda memang berminat, Anda dapat mencari Universitas mana yang sesuai untuk Anda belajar ilmu ini, sebab tidak semua Universitas yang punya fakultas atau jurusan Geografi, materi kuliahnya sama, spesifikasi dan kedalamannya dapat berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *