PDF File
Teknologi

PANDUAN SIMPLE 1 CARA MENGGABUNGKAN FILE PDF

84 / 100

Cara menggabungkan file PDF atau dapat disebut merge file, bagaimana? Anda pasti tidak asing dengan file PDF (Portable Document Format), sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Suatu hari, ada seorang teman yang meminta tolong untuk menggabungkan banyak sekali file PDF yang terpisah-pisah menjadi satu file saja. Pernahkah Anda juga mengalaminya?

Ada salah satu software dari sekian banyak pilihan yang sangat membantu untuk mengatasi cara menggabungkan file PDF dengan mudah dan cepat dalam hitungan detik. Software tersebut adalah PDFSAM (PDF Split and Merge). Module dari open source software ini ada yang versi free (PDFSAM Basic) dan ada yang versi premium (berbayar). Jika kebutuhan Anda hanya untuk menggabungkan beberapa file PDF (merge), versi gratisnya cukup. Ini adalah link PDFSAM, silahkan download, dan Anda dapat mulai mencoba menginstallnya. Berikut ini fitur versi free PDFSAM (terdiri atas Merge, Split, Rotate, Spit by bookmarks, Alternate Mix, Extract, dan Split by size) :

i

CARA MENGGABUNGKAN FILE PDF

1. Siapkan dokumen-dokumen PDF yang akan dilakukan penggabungan. Sebagai contohnya, dua puluh dua file PDF di bawah ini akan digabungkan menjadi satu file saja :

Contoh PDF File yang akan digabungkan
Contoh File PDF yang akan Digabungkan

2. Install PDFSAM yang sudah Anda download (sesuai informasi link di atas).

3. Buka PDFSAM, klik MERGE, dengan tampilan seperti ini :

Tampilan PDFSAM
Tampilan PDFSAM Basic

4. Lakukan Drag and Drop PDF file pada point No. 1, dengan cara melalui Window Explorer ditarik (dengan ditahan) dan drop ke PDFSAM, sampai tampilannya seperti ini  :

Cara Menggabungkan File PDF
Tampilan PDFSAM ketika sudah Ditambahkan File

5. Pada bagian DESTINATION FILE, klik BROWSE, dan simpan file output nya sesuai directory yang Anda kehendaki.

6. Klik RUN pada bagian paling bawah. Dalam hitungan detik, akan keluar suara yang menandakan bahwa file Anda sudah berhasil tergabungkan menjadi satu. Anda dapat check hasilnya pada folder dimana Anda menyimpan. Jika penamaan file tidak sesuai, silahkan melakukan RENAME file.

7. Nah, mudah bukan bagaimana cara menggabungkan file PDF dengan cepat? Selamat mencoba dan menerapkan untuk file-file Anda!

i

Selain PDFSAM, mungkin ada banyak opsi open source software yang lain yang dapat Anda gunakan sebagai opsi cara menggabungkan file PDF. Anda dapat googling, tetapi penulis baru mencoba versi PDFDAM, yang ternyata tidak mengecewakan. Fiturnya mudah digunakan (easy to use) dan user friendly, serta prosesnya cepat. Memang untuk file-file ukuran besar dan jumlah yang sangat banyak belum pernah dicoba, tetapi untuk sejauh ini sudah sangat membantu dalam mengatasi troubleshooting permasalahan dokumen di pekerjaan.

Selain cara menggabungkan file PDF, Anda juga dapat mencoba menu-menu PDFSAM yang lain untuk mengatasi masalah dalam PDF Anda. Bagi penulis, software ini sangat sederhana dan mudah digunakan (user friendly), serta banyak memberikan solusi dalam dokumentasi PDF. Installernya pun juga mempunyai size yang kecil. Notifikasi tentang update versi pun juga ada saat software dibuka dan digunakan, biasanya pemberitahuan ini muncul di bagian kanan bawah, Anda dapat download dan replace dengan versi terbaru.

Bagi yang membutuhkan kemampuan lain dari PDFSAM, dapat juga mencoba versi premiumnya, dengan menu berikut ini (Visual Combine & Reorder, Delete pages, Crop, Convert, Edit, Create) :

Menu Premium PDFSAM
Menu Premium PDFSAM

i

Berikut ini perbandingan Fitur PDFSAM Basic vs PDFSAM Premium :

NO.PDFSAM BASICPDFSAM PREMIUM
1.SplitSplit
2.MergeMerge
3.Alternate MixAlternate Mix
4.RotateRotate
5.ExtractExtract
6.Split by BookmarksSplit by Bookmarks
7.Split by SizeSplit by Size
8.Visual Combine & Reorder
9.Delete Pages
10.Crop
11.Convert
12.Edit
13.Create
Tabel PDFSAM Basic vs PDFSAM Premium

i

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *