Logo Mentimeter
Teknologi

Mentimeter untuk Interactive Presentasi Virtual

84 / 100

Mentimeter untuk presentasi, apakah Anda pernah menggunakannya dalam meeting virtual? Selama masa pandemi Covid-19, banyak orang Work from Home (WFH) untuk melakukan pekerjaan. Bahkan jika harus Work from Office (WFO) pun, beberapa meeting dengan team, customer, maupun kolega juga kebanyakan dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, Microsoft Teams, maupun teknologi virtual lainnya.

Pernahkah Anda merasa bosan saat meeting dalam bentuk webinar, nara sumbernya berbicara terlalu lama dan bertele-tele? Webinar lebih banyak ke satu arah, dimana pembicara memaparkan presentasinya. Jika ada sesi tanya jawab pun biasanya dilakukan di agenda terakhir. Namun banyak peserta yang merasakan boring pada waktu pembicara melakukan paparan.

Jika suatu saat Anda diminta untuk menjadi pembicara, Anda harus mengantisipasi hal ini. Tips bagi Anda, sampaikan paparan sesuai dengan tema webinar, singkat sesuai jadwal yang diagendakan moderator, poin-poin yang jelas, lebih banyak gambar dibanding kata-kata pada slide PPT Anda (karena gambar bisa berbicara banyak hal), dan juga volume suara Anda harus terdengar jelas dan tegas (hal ini dapat Anda latih dan biasakan).

Selain itu, ada satu tips lagi bagi Anda calon nara sumber, Anda dapat membuat presentasi menjadi interaktif (dua arah) yang melibatkan keaktifan peserta pada saat Anda paparan. Ini akan menjadi hal yang menarik dan membuat Anda menjadi pembicara yang berbeda dari yang lainnya. Caranya, manfaatkan aplikasi Mentimeter.

Apakah Mentimeter? Mentimeter adalah aplikasi yang dapat menampilkan polling, quiz, kata-kata pertanyaan, tanya jawab, yang diinput secara real time dan audience dapat berpartisipasi dengan menjawabnya. Hasil jawaban mereka, akan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart berupa angka prosentase. Anda juga dapat setting Mentimeter ini menjadi hal yang fun bagi peserta, sehingga mereka tidak merasa bosan.

Mentimeter ada berbagai tipe, Free dan berbayar (Basic, Pro, Enterprise), check perbedaannya disini. Anda dapat memanfaatkan versi Free terlebih dulu untuk mencoba. Memang kelemahannya hanya terbatas 2 pertanyaan dan 5 quiz saja per presentasi.

CARA MENGGUNAKAN MENTIMETER

1. Masuklah ke website www.mentimeter.com disini!

Mentimeter Websites

2. Kegunaan Mentimeter jelas disebutkan dalam screenshots ini, Anda dapat explore dan membaca detil-detilnya :

Apa Mentimeter?

3. Buatlah slide baru Mentimeter, dengan klik pada NEW PRESENTATIONS (tanda panah di bawah ini) :

New Presentation Mentimeter

4. CREATE NEW PRESENTATION, ketikkan nama presentasi Anda (bebas, sesuai keinginan Anda, dengan maksimal karakter 100), lalu klik CREATE PRESENTATION :

Create New Presentation

5. Siapkan pertanyaan-pertanyaan / polling / quiz yang Anda inginkan untuk ditanyakan kepada peserta.

6. Pada tab TYPE, pilih tipe Mentimeter di bawah ini, apakah dalam bentuk petanyaan dengan multiple choice (pilihan berganda), atau dalam bentuk quiz, dll :

Type Mentimeter

7. Jika Anda memilih MULTIPLE CHOICE, pada tab CONTENT, masukkan pertanyaan yang sudah Anda siapkan sebelumnya pada menu YOUR QUESTION. Masukan alternatif jawaban multiple choice pada menu OPTIONS. Defaultnya ada 3 opsi kotak jawaban, jika Anda ingin hanya 2 jawaban, Anda bisa delete opsi ketiga, sebaliknya jika ingin ada lebih dari 3, tinggal klik ADD ANOTHER OPTION :

Content Mentimeter

8. Pada menu EXTRAS, pilih SHOW RESULTS IN PERCENTAGE jika Anda ingin menampilkan hasilnya dalam bentuk prosentase pada grafik. Grafiknya pun bervariasi, dapat dipilih dalam bentuk bars, donut, pie, bahkan dots :

Extras Mentimeter

9. Untuk slide show full screen, klik button PRESENT pada bagian kanan atas, maka akan muncul tampilan seperti ini, dimana pada bagian atas tercantum kode 7 digit yang perlu Anda informasikan kepada peserta supaya mereka dapat connect ke aplikasi dan memilih jawaban :

Present Mentimeter

10. Arahkan audience untuk membuka Mentimeter melalui www.menti.com (dapat diakses menggunakan Handphone, Tablet, maupun Komputer), dengan tampilan seperti di bawah ini, dan minta mereka memasukkan CODE Mentimeter Anda dan klik SUBMIT :

Kode Mentimeter

11. Minta audience untuk menjawab pertanyaan Anda, seperti multiple choice di bawah ini, dan klik SUBMIT. Jika Anda punya beberapa pertanyaan, lanjutkan hal yang sama ke pertanyaan lain :

Jawaban Mentimeter

12. Jika pertanyaan sudah selesai dijawab, partisipan akan mendapat tampilan ucapan terima kasih seperti di bawah ini :

Thank You Mentimeter

13. Anda dapat menampilkan hasil jawaban peserta real time pada slide, seperti di bawah ini, dan Anda dapat memberikan saran atau membahas singkat analisa jawaban tersebut dengan peserta.  Menarik bukan?

Tampilan Hasil Mentimeter

14. Untuk melanjutkan ke pertanyaan lain, pada tab CUSTOMIZE, non aktifkan CLOSE VOTING :

Close Voting Mentimeter

15. Tema tampilan dengan berbagai warna background dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda pada menu THEMES (default background putih) :

Themes Mentimeter

Untuk background hitam, tampilannya seperti ini :

Background Hitam Mentimeter

16. Anda dapat mendownload hasil jawaban audience dengan klik DOWNLOAD RESULT pada tab CONTENT, dalam format PDF :

Download Hasil Mentimeter

Download PDF Mentimeter

Nah, mudah dan cukup interaktif bukan? Selamat mencoba Mentimeter dan buatlah presentasi Anda berbeda dari pembicara pada umumnya! Be interactive!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *