SAS Planet
Teknologi

SAS PLANET, TRIK DOWNLOAD CITRA SATELIT BERKOORDINAT

90 / 100

Bagi user di bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penginderaan Jauh (PJ), download citra satelit berkoordinat (georeferenced), apalagi jika jenis citranya resolusi tinggi, pasti akan sangat membantu dalam proses berbagai tujuan penggunaan citra. Memang diperlukan trik khusus, untuk melakukan download citra satelit, yang hasilnya berkoordinat secara langsung pada hasil downloadnya, sehingga user tidak perlu repot untuk melakukan georeferencing atau register koordinat geografis.

Kebanyakan user sangat terbantu dengan adanya Google Earth, Google Map, Bing Maps Roads, Bing Maps Satellite, dan brand-brand sejenisnya. Akan tetapi download langsung dari Google Earth maupun yang lain, hasilnya hanya gambar biasa tak berkoordinat geografis (Non Earth). User harus memasukkan titik GCP (Ground Control Points) untuk dapat mengoverlaykan dengan peta / layer lain. Jika sedang diburu waktu deadline pekerjaan, tentu hal ini cukup merepotkan.

Trik untuk dapat melakukan download citra satelit berkoordinat secara langsung, Anda dapat menggunakan open source software yang bernama SAS PLANET. Software ini gratis, dan size installernya tidak terlalu besar. Silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

TAHAPAN DOWNLOAD CITRA SATELIT BERKOORDINAT MENGGUNAKAN SAS PLANET

1. Silahkan download SAS PLANET disini, pilihlah installer dengan tanggal terbaru (SAS.Planet.Release.201212), agar mendapat setup yang paling update.

2. Pada paket file installer, double klik SASPlanet.exe.

3. Mungkin Anda akan menemui pesan error seperti di bawah ini (Unable to load map(s) Aborting…) :

SAS Planet Unable to Load Map(s)
SAS Planet Unable to Load Map(s)

Untuk mengatasi masalah ini, maka perlu diinstall patch, yang dapat didownload pada link disini, klik button Download the patch. Simpanlah patch dalam bentuk RAR tersebut pada folder installer …:\SAS.Planet.Release.201212\Maps. Lalu ekstrak RAR nya. Selengkapnya dapat diikuti langkah-langkahnya pada petunjuk disini.

4. Ulangi double klik pada SASPlanet.exe. Seharusnya sudah tidak ada masalah.

5. Anda akan melihat tampilan SAS PLANET seperti ini :

Tampilan SAS Planet

6. Pada tampilan menu di bawah ini, Anda bebas memilih mau menampikan peta / citra satelit yang mana. Anda dapat mencoba Google > Satellite (Google maps), maka akan tampil satelit dari Google Maps :

SAS Planet Google Earth

7. Perbesar pada wilayah yang Anda akan download citra satelit berkoordinat nya. Sebagai contoh berikut adalah sebagaian wilayah Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Atur zoomnya, pada bentuk penggaris vertikal sebelah kiri, sesuai dengan visual yang Anda harapkan, contoh di bawah ini zoom 18 :

SAS Planet Zoom

8. Untuk projection citra, pilih sesuai kebutuhan Anda, jika ingin menampilkan koordinat geografis, dapat disetting View > Projection > Geographic (Latitude/Longitude) / WGS 84 / EPSG:4326. Penulis akan menampilkan hasil download citranya pada software SIG MapInfo Professional, sehingga Geographic (Latitude/Longitude) dipilih.

SAS Planet Geographic Projection

9. Proyeksi secara default sebenarnya bukan Geographic (Latitude/Longitude), jika tidak dirubah maka akan terjadi pesan error seperti di bawah ini pada MapInfo Professional (The image control points cannot be in a straight line. Unable to open table (table name))., karena MapInfo tidak memiliki projection seperti defaultnya Google Earth (setiap software SIG, mungkin kasusnya akan berbeda). Jika Anda menemui pesan error yang kurang lebih sama, tinggal sesuaikan saja projection yang dapat dibaca oleh software SIG Anda.

Error warning : the image control points cannot be in a straight line

10. Buat selection, sebagai gambar batas area citra yang akan Anda crop, sesuai kebutuhan Anda, bisa menggunakan bentuk kotak / rectangular, polygon, polyline, atau bentuk lainnya. Contoh pilih Rectangular Selection :

SAS Planet Rectangular Selection

11. Klik dan tahan kursor sampai membentuk kotak, maka akan muncul menu berikut, dan pada tab DOWNLOAD, pilih zoom 18 sesuai yang Anda set tadi :

SAS Planet Selection Manager Download Tab

12. Klik tab STITCH > Output Format > pilih format yang sudah berkoordinat / georeferenced, yaitu GeoTIFF (Tagged Image File Format) atau bisa juga ECW (Enhanced Compression Wavelet) > Save to : pilih folder dan nama file > Zoom 18 > Start :

SAS Planet Selection Manager Stitch Tab

13. Tunggu sampai proses selesai. Jika wilayah tidak terlalu luas, proses akan cepat, dan sebaliknya.

14. Buka software SIG Anda.

15. Buka file Geotiff nya, dan coba overlaykan dengan peta / layer yang lain. Berikut ini tampilan pada MapInfo Professional dan sudah berkoordinat :

Hasil Download Citra Satelit Berkoordinat dibuka di MapInfo Professional

Nah, mudah bukan melakukan download citra satelit berkoordinat? Sebenarnya ada open source lain yang dapat melakukan hal yang sama, sayangnya softwarenya tidak terupdate, dan masih ada bugs. Semoga trik download citra satelit ini dapat membantu memperingan pekerjaan Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *