TeamViewer
Teknologi

TIPS REMOTE KOMPUTER DARI 2 LOKASI BERBEDA

85 / 100

Remote komputer, adalah salah satu solusi ketika seseorang bekerja sebagai Technical Support atau Help Desk yang bertugas untuk menyelesaikan suatu kasus baik karena masalah software, hardware, maupun data / database pada komputer lain yang berbeda lokasi. Sebenarnya remote komputer bukan hanya bermanfaat bagi mereka yang bekerja di bidang Information Technology (IT) saja, tetapi juga siapapun yang memerlukan remote untuk menyelesaikan masalah komputer maupun data.

Remote adalah suatu cara untuk melihat sesuatu dari jarak jauh antar dua lokasi yang berbeda, dengan bantuan media software / hardware. Dalam hal ini kita membahas remote komputer yang lokasinya berbeda. Anda punya komputer A, dan Anda akan melihat komputer B di lokasi rekan kerja Anda. Tips solusinya, Anda dapat menggunakan media penghubung, yaitu software untuk remote. TeamViewer adalah software remote komputer / desktop berbasis Windows maupun macOS, yang akan membantu Anda untuk melihat isi komputer lain dari jarak jauh.

Dari website TeamViewer, software ini juga dapat digunakan untuk remote mobile platform Android maupun iOS. Anda dapat mencobanya juga. Saat artikel ini dibuat, penulis belum secara spesifik menerapkan pada mobile, seperti handphone atau tablet.

TIPS REMOTE KOMPUTER MENGGUNAKAN TEAMVIEWER

1. Masuk ke website TeamViewer disini.

2. Pilih tab PRODUCTS, banyak pilihan produk TeamViewer. Pilihlah TeamViewer (Remote Access & Support) untuk remote komputer / desktop.

Website TeamViewer Remote Komputer
Pilihan Produk TeamViewer pada Website

3. Lalu muncul halaman di bawah ini, klik FREE DOWNLOAD! TeamViewer remote desktop dapat didownload free, jika digunakan untuk kebutuhan pribadi / private dan bukan untuk penggunaan komersial. Size installernya tidak terlalu besar, sekitar 30 MB. Simpanlah pada directory yang Anda kehendaki.

Free Download TeamViewer
Klik Free Download

4. Lakukan instalasi dengan double-click pada installer setup. Tunggulah beberapa saat sampai instalasi selesai.

5. Setelah instalasi berhasil, Anda dapat jalankan softwarenya, maka akan tampak tampilan seperti ini :

Tampilan TeamViewer
Tampilan TeamViewer setelah Instalasi

Tampak ID Anda dan Password nya. Pada bagian CONTROL REMOTE COMPUTER, tertera Partner ID Anda, yaitu ID dari TeamViewer yang Anda harus tanyakan ke rekan kerja Anda yang komputernya akan Anda remote. Pastikan rekan Anda juga menginstall dengan cara yang sama. Lalu masukkan Partner ID teman Anda, diketikkan manual. Klik CONNECT, dan masukkan Password rekan Anda, minta rekan Anda mengirimkan screenshot seperti gambar di atas, sehingga Anda tinggal memasukkan secara manual ke TeamViewer Anda.

6. Jika koneksi berhasil, maka Anda akan dapat melihat desktop komputer rekan Anda, dan dengan bebas Anda dapat check data atau hal lain yang perlu Anda remote. Rekan Anda juga dapat melihat aktivitas Anda pada komputernya, apa saja yang Anda lakukan, terlihat dengan jelas.

Pada saat remote dilakukan, kendali komputer dapat dilakukan kedua belah pihak, sisi Anda, maupun sisi rekan Anda. Kelebihan lainnya, jika Anda perlu copy paste dokumen dari komputer rekan Anda ke komputer Anda (atau sebaliknya), hal ini juga dapat dilakukan dengan mudah, seperti copy biasa. Copy dokumen yang Anda kehendaki pada komputer rekan Anda, lalu paste di komputer Anda. Kelemahannya, untuk dokumen dengan size besar, akan membutuhkan waktu yang cukup lama apabila koneksi internetnya tidak stabil dan lambat.

Jika Anda ingin membantu teman Anda untuk menginstall suatu software atau mengatasi permasalahan sistem komputer teman Anda dan melakukan investigasi / troubleshooting, maka TeamViewer ini adalah solusi yang tepat.

7. Nah, mudah bukan melakukan remote komputer? Selamat mencoba dan pastikan jaringan internet Anda tidak lambat, supaya proses remote tidak putus karena masalah koneksi.

Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak orang melakukan Work from Home (WFH), dan banyak orang menggunakan Zoom Meeting sebagai aplikasi video conference untuk meeting. TeamViewer juga menawarkan produk untuk meeting, yang disebut TeamViewer Meeting tentunya dengan installer yang berbeda dari remote desktop. Anda dapat mencobanya yang versi free (terbatas untuk 5 peserta saja), tetapi kelemahannya, Anda tidak bisa melakukan recording. Recording dapat dijalankan untuk versi berbayar dengan peserta yang bisa lebih banyak.

TeamViewer Meeting
TeamViewer Meeting

Produk-produk yang lain dari TeamViewer dapat Anda coba dan check satu per satu kegunaannya. Bagi penulis, software ini cukup simple, ringan, mudah digunakan (user-friendly), free (untuk kebutuhan non komersial), dan dapat membantu menyelesaikan banyak permasalahan troubleshooting dari komputer lain. Semoga dapat membantu Anda bekerja secara remote!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *