Screenapp Logo
Teknologi

TIPS ONLINE SCREEN RECORDING MENGGUNAKAN SCREENAPP

84 / 100

Online screen recording mungkin Anda butuhkan saat melakukan sharing presentasi dalam bentuk rekaman yang akan diupload ke Youtube atau media sejenis lainnya. Banyak aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan hal ini secara online.

Salah satu aplikasi yang 100% free dapat Anda gunakan untuk online screen recording adalah Screenapp. Aplikasi ini sederhana, mudah digunakan (easy to use) dan dalam hitungan detik dapat Anda download dengan cepat hasilnya.

Bagi Anda sebagai pengajar / guru / content creator, online screen recording menggunakan Screenapp akan sangat membantu Anda untuk dapat sharing jarak jauh kepada audience di masa pandemi seperti sekarang ini, dalam bentuk video presentasi.

CARA MENGGUNAKAN ONLINE SCREEN RECORDING SCREENAPP

1. Kunjungi website Screenapp, dan Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini :

Online Screen Recording Screenapp

Anda dapat melihat kelebihannya pada penjelasan di bagian bawah, yaitu 100% Free, Instant Recording, dan Quick Download. Anda bisa menggunakan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera untuk menjalankannya.

2. Pada Windows Explorer, siapkan slide PPT yang akan Anda presentasikan dan set ke tampilan slide show. Sebenarnya Anda tidak hanya bisa menggunakan PPT saja, dokumen dalam format lain tidak masalah, bahkan kenampakan keseluruhan dari Windows Explorer juga dapat Anda tampilkan. Jadi tergantung apa yang akan Anda tampilkan. Tetapi kali ini yang dijadikan contoh untuk online screen recording adalah menggunakan file PPT Power Point, yang kebanyakan orang gunakan.

3. Untuk memulai rekaman, klik button GET STARTED, dan akan muncul tampilan secara default berikut :

Get Started Screenapp

4. Untuk Audio, Anda dapat merekam menggunakan Microphone Audio jika Anda punya headset atau earphone, atau dapat juga menggunakan Browser Audio, yaitu Audio dari komputer. Atau bahkan Anda dapat memilih No Audio jika tak ingin merekam suara, tetapi hanya visual saja yang direkam. Saran terbaik adalah gunakan MICROPHONE AUDIO, karena akan mendapatkan suara yang lebih jelas dan jernih, dan kelebihannya, apabila ada suara noise dari lingkungan sekitar, biasanya tidak masuk ke rekaman dan bersih. Tetapi pastikan ada mic pada headphone Anda dan dekatkan micnya pada mulut Anda saat presentasi.

Microphone Audio Screenapp

5. Klik SHARE YOUR SCREEN, terdapat 3 tab yaitu YOUR ENTIRE SCREEN (menampilkan semua screen pada desktop Anda), APPLICATION WINDOW (menampilkan pilihan Window apa yang ingin Anda tampilkan, dapat berupa Microsoft office yang Anda buka, maupun aplikasi lain), dan CHROME TAB (menampilan isi dari browser Chrome Anda). Kali ini Anda dapat mencoba APPLICATION WINDOW,lalu pilih PowerPoint Slide Show :

Share Your Screen

6. Klik SHARE, maka akan mengarah ke Powerpoint slide show Anda, seperti contoh berikut ini :

Share PPT Screen

7. Klik BUTTON WINDOW pada komputer Anda, dan kembali pada Screenapp Anda dengan tampilan berikut, lalu klik button START RECORDING :

Start Recording Screenapp

Biasanya ada notifikasi seperti di atas, bahwa terkait pandemi Covid-19 dan banyak orang yang menggunakan online screen recording Sreenapp ini, maka rekaman dibatasi durasinya 15 menit saja. Jadi sebaiknya Anda presentasi seperti durasi yang disarankan supaya tidak ada bagian recording yang terpotong. Semoga ke depan aplikasi ini diperbaiki dan dapat merekam lebih dari durasi 15 menit.

8. Silahkan mempresentasikan PPT Anda dari slide pertama sampai terakhir.

9. Setelah selesai klik button STOP SHARING pada menu mini di bagian bawah (terlihat muncul saat Anda presentasi) :

Stop Sharing Menu

10. Kembali ke window Screenapp, dan klik STOP RECORDING untuk mengakhiri rekaman Anda :

Stop Recording Screenapp

11. Rekaman Anda selesai, Anda dapat review terlebih dahulu hasil rekamannya sebelum didownload. Total durasi rekaman Anda juga terlihat jelas. Jika hasilnya cukup memuaskan, silahkan DOWNLOAD pada button anak panah di bawah ini :

Download Screenapp Recording

12. Dalam hitungan detik, file akan didownload, hasilnya dalam format WEBM Video File. File ini dapat diupload ke Youtube dengan mudah tanpa dikonversi ke format video yang lain.

13. Setelah selesai download, maka akan muncul permintaan FEEDBACK dari Screenapp, Anda dapat mengisinya dan SUBMIT sebagai bentuk apresiasi untuk aplikasi online screen recording ini, tetapi jika tidak diisi juga tidak masalah :

Feedback Screenapp

Nah, mudah bukan menggunakan online screen recording dengan Screenapp? Selamat mencoba untuk sharing banyak ilmu ke orang lain melalui media sosial secara gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *